News  

Ada 24 Juta Pemudik ke Jatim, Polda Antisipasi Kemacetan Jalur Arteri

Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa

Kamis, 13 April 2023 – 00:16 WIB

VIVA Nasional – Sekira 24 juta pemudik, bakal bergerak ke dan di Jawa Timur, pada mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah atau tahun 2023 ini. 

Untuk mengantisipasi kemacetan, Kepolisian Daerah Jawa Timur menyiapkan skema pengaturan lalu lintas. Terutama di pintu-pintu keluar jalan tol dan jalur arteri.

Hal itu dibahas dalam Rapat Koordinasi Operasi Ketupat Semeru, yang dihadiri oleh Forkopimda dan seluruh jajaran pejabat terkait di Markas Polda Jatim di Surabaya, Rabu, 12 April 2023. 

“24 juta [pemudik] itu pasti ada putaran antara kota dengan kota dan kota/ kabupaten,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto.

Direktur Lalu Lintas Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi M Taslim Chairuddin, menjelaskan dalam rapat diketahui bahwa berapa perkiraan pergerakan pemudik ke Jatim masih ada perbedaan. Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Jatim, pergerakan manusia selama Lebaran di Jatim sekira 21, 2 juta orang.

“Tapi kalau bangkitan [pergerakan orang] dari Jakarta itu 123 juta [orang] dan yang masuk ke Jawa Timur itu di angka 19 persen, maka 23 juta orang yang akan masuk ke Jawa Timur,” jelas Taslim.

Untuk jalan tol, Taslim tak begitu mempersoalkan karena kepadatan lalu lintas kemungkinan besar bisa diatasi. Namun, yang paling diperhatikan ialah di jalur arteri. 

Halaman Selanjutnya

“Setelah keluar tol seakan-akan bottleneck  atau [terjadi] kemacetan,” tandas Taslim.

img_title

Sumber: www.viva.co.id