News  

Amphuri Sebut Harga Hotel di Mekah-Madinah Naik 300 Persen, Biaya Umrah Naik?

Hotel Zamzam Tower di Mekah, Arab Saudi

Senin, 2 Januari 2023 – 00:20 WIB

VIVA Nasional – Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) mengungkapkan tingkat hunian hotel di Mekah dan Madinah saat ini sudah penuh atau full booked. Dengan demikian, kondisi itu membuat harga hotel di sekitaran Masjidil Haram dan Masjid Nabawi melambung tinggi hingga 300 persen.

Ketua Umum AMPHURI Firman M. Nur mengatakan, penuhnya tingkat hunian hotel itu mengakibatkan penyelenggara perjalanan ibadah umrah kesulitan untuk mendapatkan kamar hotel.

“Inilah untuk kali pertama dalam sejarah hotel di Mekah dan Madinah di semua taraf dinyatakan full booked dan sulit didapat,” kata Firman dalam keterangannya Minggu, 1 Januari 2022.

Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak bulan November 2022. Dan diperkirakan durasi high season akan terus berlanjut hingga Januari 2023. Menurutnya, hampir semua biro travel tidak dapat kamar hotel untuk di bulan Desember. Padahal pemesanan sudah dilakukan mulai bulan September, Oktober dan November lalu.

“Tak dipungkiri lagi, kondisi ini membuat harga hotel melambung hingga 300 persen,” jelasnya.

Jemaah umrah (Foto ilustrasi).

Jemaah umrah (Foto ilustrasi).

Firman menjelaskan, kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya karena meningkatnya jumlah kedatangan jemaah umrah dari berbagai negara, pasca ditutupnya umrah selama pandemi yang berlangsung hampir dua tahun.

Halaman Selanjutnya

Kemudian, peningkatan jumlah jamaah umrah turut diakibatkan oleh libur panjang di seluruh negara dan tingginya antusiasme umat Islam sedunia untuk menunaikan umrah pasca pandemi.

img_title

Sumber: www.viva.co.id