News  

Bukan Menakuti tapi Untuk Edukasi

Kepala BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Dwikorita Karnawati

Kamis, 2 Maret 2023 – 19:30 WIB

VIVA Nasional – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, bahwa Indonesia menghadapi potensi gempa kuat dipicu oleh aktivitas multi segmen sesar aktif. Ia juga turut menjelaskan sejumlah wilayah yang nantinya bakal berpotensi mengalami bencana itu.

Dwikorita pun menjelaskan beberapa wilayah yang berpotensi itu. Adapun wilayah yang terdekat dari wilayah Jakarta yakni zona Sesar Cimandiri.

Menurut Dwikorita, di zona ini, khususnya Palabuhan Ratu dan Sukabumi, terdapat Segmen Cimandiri, Nyalindung-Cibeber dan Rajamandala yang berarah Timurlaut-Baratdaya dan menerus ke Teluk Pabuhan Ratu.

Sedangkan, zona sesar utama Cimandiri ini sangat berdekatan dengan jalur Sesar Citarik dan Sesar Cipamingkis yang semua merupakan jalur sesar aktif.

“Gempa kuat dapat terjadi saling picu di zona tektonik yang aktif dan kompleks semacam ini,” ujar Dwikorita di Jakarta pada Kamis 2 Maret 2023.

Dwikorita hadir secara daring dalam acara Seminar Nasional dengan topik ‘Mitigasi Bencana Secara Cepat sebagai Upaya Antisipasi Dini Untuk Memahami Potensi Bahaya Gempa Bumi dan Resikonya’ secara daring di Sekolah Partai PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya

Dalam acara itupun juga turut dihadiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto secara daring, bersama ratusan kader serta kepala daerah PDIP se-Indonesia.

img_title

Sumber: www.viva.co.id