News  

Candi Borobudur Diserang Teroris, Brimob Jateng Selamatkan Sandera

Simulasi penanganan teror oleh Sat Brimob Polda Jateng di Candi Borobudur

Minggu, 18 Desember 2022 – 06:10 WIB

VIVA Nasional – Aksi teror terjadi di obyek wisata Candi Borobudur pada Sabtu, 17 Desember. Seorang wisatawan disandera oleh teroris. Ditemukan juga sebuah bom di obyek wisata prioritas tersebut.

Pasukan Sat Brimob diterjunkan untuk menangani peristiwa tersebut. Sandera pun bisa dibebaskan. Begitu juga bom bisa dijinakkan dan diledakkan di tempat.

Tapi tenang. Peristiwa tersebut merupakan simulasi penanganan teror oleh Sat Brimob Polda Jateng di Candi Borobudur. Latihan melibatkan personel Sat Brimob Polda Jateng bersama Gegana, Polresta Magelang, juga dari Balai Konservasi Candi Borobudur, dan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB).

Wadansat Brimob Polda Jateng AKBP Arif Agung mengatakan tujuan pelaksanaan simulasi ini terutama untuk menghadapi natal dan tahun baru (nataru). Simulasi dilaksanakan di tempat wisata yang menjadi prioritas pemerintah, sehingga bisa mengantisipasi kejadian-kejadian yang dianggap itu suatu teror. 

“Kita lakukan langkah-langkah latihan dan latihan itu diaplikasikan langsung melalui simulasi di objek vital, contohnya hari ini kita laksanakan di kawasan wisata Candi Borobudur,” jelasnya.

Ia menambahkan, latihan melibatkan 75 personel dari Sat Brimob dan berkolaborasi dengan stakeholder lain. Menurutnya, kolabirasi dilakukan karena apabila ada kejadian di tempat objek vital wisata Candi Borobudur akan melibatkan semua pihak.

Sumber: www.viva.co.id