News  

Distribusi Logistik Pemilu Tak Mudah

Presiden Jokowi dalam acara Global Food Security Forum

Jumat, 2 Desember 2022 – 11:34 WIB

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 adalah pekerjaan besar dan bukan hal yang mudah. Hal utu disampaikan Jokowi dalam Rapat Konsolidasi Nasional dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Menurut Jokowi, penyelenggaraan pemilu nanti, khususnya pendistribusian logistik akan menjadi tugas yang berat bagi KPU. Karena Indonesia memiliki wilayah yang luas dan warganya akan melakukan pemungutan suara secara bersamaan. 

“Mengelola ini tidak gampang, dengan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia kita yang sangat luas, dengan kondisi geografis yang sangat beragam, berbeda, sangat berbeda dengan negara-negara lain,”kata Jokowi, Jumat 2 Desember 2022.

Distribusi Logistik Hasil Pemilu

Distribusi Logistik Hasil Pemilu

KPU harus menempuh berbagai cara untuk dapat mendistribusikan surat suara dan berbagai logistik lainnya untuk pemungutan suara. “Bayangkan jika kita harus pergi ke 17.000 pulau, ada yang naik perahu, ada yang naik kapal, ada tadi yang harus didukung untuk distribusi logistik oleh TNI, oleh Polri, karena memang medannya medan yang tidak mudah,” kata Jokowi.

Jokowi mengakui, bahwa infrastruktur yang dimiliki Indonesia belum sepenuhnya sempurna. Masih banyak wilayah yang sulit untuk diakses.

“Ada yang bawa sepeda motor terpeleset. Karena infrastruktur kita memang belum sempurna. Ada jalanan yang sudah mulus, jalan tol. Tetapi ada juga yang masih becek. Dan ini fakta yang kita hadapi,” kata Jokowi

Sumber: www.viva.co.id