Just another website
Indeks
News  

Harga Rokok Terus Naik, Harga Daun Tembakau Segitu Saja

Iman Zein

Jumat, 25 November 2022 – 07:15 WIB

VIVA Nasional – Realita petani dan buruh tembakau menjadi perhatian Iman Zein. Iman bahkan sampai menjadikan kisah hidup mereka menjadi suatu film dokumenter.

Iman yang juga Project Lead Tobacco Control CISDI sekaligus sutradara dokumenter di Balik Satu Batang ini mengungkap, kerap muncul narasi petani dan buruh tembakau akan terdampak buruk kenaikan cukai tembakau. Tapi ini berbanding terbalik dengan temuan lapangan.

Ganjar saat berbincang dengan petani tembakau asal Wonosobo.

Ganjar saat berbincang dengan petani tembakau asal Wonosobo.

“Di lapangan, para petani mengeluhkan tentang tata niaga yang belum baik. Mereka tidak memiliki kemerdekaan menentukan harga. Belum lagi faktor cuaca yang kadang membuat petani gagal panen. Jadi, kerugian mereka tidak ada hubungannya dengan cukai. Malah jika dialokasikan dengan tepat, Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) justru berdampak baik untuk petani,” ungkap Iman, Jumat 25 November 2022.

Hal ini dikonfirmasi Sukiman dan Istanto yang dulunya bekerja sebagai petani tembakau. Kini keduanya memilih menanam secara multikultur.

“Harga rokok naik terus, tapi harga daun tembakaunya segitu saja. Ini membingungkan para petani.  Kami juga ingin sejahtera. Tapi realitanya, kesejahteraan petani dan industri terasa sekali kesenjangannya,” tutur Sukiman.

Petani menjemur daun tembakau di Sidomulyo, Senden, Selo, Boyolali, Jawa Tengah. (Foto ilustrasi)

Petani menjemur daun tembakau di Sidomulyo, Senden, Selo, Boyolali, Jawa Tengah. (Foto ilustrasi)

Photo :

  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sumber: www.viva.co.id