News  

Insya Allah 100 Persen, Bahkan Bisa Lebih

Menteri Agama (Menag) Yaqut bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi

Sabtu, 31 Desember 2022 – 08:53 WIB

VIVA Nasional – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan kuota haji untuk jemaah Indonesia pada 2023 diperkirakan kembali normal. Bahkan, bisa lebih daripada target di tahun 2022.

Yaqut menekankan demikian setelah pihaknya berkomunikasi secara intens dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, beberapa waktu belakangan ini.

“Insya Allah sesuai dengan komunikasi saya bersama Menteri Haji, itu bisa menjadi pegangan. Jadi, kurang lebih (kuota haji tahun 2023) 100 persen bahkan bisa lebih,” kata Menag Yaqut dalam sambutannya di acara Refleksi dan Kaleidoskop Kinerja Kementerian Agama RI  Tahun 2022, Jumat, 30 Desember 2022.

Menag Yaqut Cholil Qoumas saat berada di Jamarat, Mina

Menag Yaqut Cholil Qoumas saat berada di Jamarat, Mina

Yaqut mengatakan, Indonesia memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk memperoleh peningkatan kuota jemaah haji pada 2023. Pun, kouta haji, kata Yaqut, bisa diperoleh jika Indonesia berhasil dalam proses negosiasi pada gelaran Muktamar Haji di Arab Saudi yang digelar Januari 2023.

“100 persen dari kuota itu bisa lebih, kalau kita berhasil melakukan negosiasi di Muktamar Haji tahun depan,” jelas Yaqut. 

Sebelumnya, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan komunikasi RI dengan Arab Saudi terus dilakukan untuk pelaksanaan Ibadah Haji pada 2023 mendatang. 

Halaman Selanjutnya

Yaqut bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi untuk membahas mengenai penyelenggaraan ibadah haji pada tahun depan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id