News  

Ketua KPK Klaim Tak Langgar Etik saat Temui Enembe: Tidak Ada yang Spesial

Ketua KPK Firli Bahuri

Kamis, 10 November 2022 – 14:58 WIB

VIVA Nasional – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menanggapi sejumlah kritikan yang ditujukan kepadanya terkait keberadaan dirinya di Papua. Firli pun membantah bahwa telah memberikan perlakuan istimewa untuk Gubernur Papua Lukas Enembe yang sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Papua.

Firli menegaskan bahwa tidak ada perlakuan istimewa yang diberikan untuk Lukas Enembe. Ia menyebutkan, kehadirannya di sana hanya untuk penegakan hukum.

“Saya kira tidak ada yang spesial. Semuanya dalam rangka penegakan hukum,” kata Firli kepada wartawan, Kamis 10 November 2022.

Firli menambahkan, kehadirannya itu sudah sesuai dengan azas dan tugas KPK. Firli pun menjelaskan dalam UU 19 Tahun 2019 tentang pelaksanaan tugas KPK salah satunya harus menjunjung tinggi hak asasi manusia.

“Semua yang kita lakukan sesuai dengan asas tugas KPK. Ingat, dalam UU 19 Tahun 2019, ditekankan bahwa asas pelaksanaan tugas pokok KPK salah satunya menjunjung tinggi asas kemanusiaan,” ucapnya.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Sumsel itu menegaskan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap Lukas Enembe itu sudah dilakukan secara transparan.

Sumber: www.viva.co.id