News  

Kiai Muda Jatim Kenalkan Sistem Pendidikan Pengembangan Bahasa Arab

Acara Pengenalan Sistem Pendidikan Pengembangan Bahasa Arab di Gresik

Kamis, 29 Desember 2022 – 22:56 WIB

VIVA Nasional – Relawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Kiai Muda Jawa Timur Dukung Ganjar mengungkapkan pentingnya umat Islam di Tanah Air belajar bahasa Arab. Sebab, bahasa Arab sangat diperlukan untuk mempermudah memperlajari Al Qur’an. 

Gus Ali, selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Kiai Muda Jawa Timur Dukung Ganjar menyebutkan, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk belajar mengenai bahasa Arab. Selain itu, dalam memperlajari aqidah, fiqih dan hukum Islam juga dibutuhkan kemampuan bahasa Arab yang baik.

“Ketika belajar mengenai tahfiz Al Quran, kita harus mengetahui makna yang terkandung dalam Al Quran tersebut. Jadi, sistem pengenalan bahasa arab itu sangat penting sekali,” kata Ali, dalam kegiatan ‘Pengenalan Sistem Pendidikan Pengembangan Bahasa Arab’ yang dikutip Kamis, 29 Desember 2022.

Santri musiman mengaji kitab kuning. Foto ilustrasi.

Santri musiman mengaji kitab kuning. Foto ilustrasi.

Menurutnya, bahasa adalah kunci utama dalam melakukan komunikasi antar masyarakat. Bahasa Arab sendiri merupakan salah satu bahasa populer yang digunakan masyarakat di berbagai negara di dunia.

Bahasa Arab selama ini identik dengan kitab suci Al Quran. Namun, tidak semua masyarakat yang memeluk agama Islam memahami bahasa Arab, padahal bahasa Arab sangat berguna bagi masyarakat, yang salah satunya untuk memahami makna dari Al Quran atau bahkan memperlajari berbagai literasi ilmiah yang dibuat ilmuan muslim pada zamannya.

Melalui kegiatan ini, Ali berharap santri dan warga Gresik memiliki kemampuan dalam menguasai bahasa Arab untuk membangun peradaban muslim yang lebih baik lagi kedepannya.

Halaman Selanjutnya

“Kiai Muda Jawa Timur Dukung Ganjar saat ini tengah menggencarkan pengenalan dasar tentang bahasa Arab. Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap santri dan masyarakat memiliki ketertarikan lanjutan dalam memperlajari bahasa Arab yang penuh manfaat,” lanjut Ali.

img_title

Sumber: www.viva.co.id