News  

Libur Nataru Hampir Usai, Menko Muhadjir Minta Otoritas Terkait Bersiap Hadapi Mudik Idul Fitri 2023

Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menhub Budi Karya Meninjau Kawasan Puncak

Minggu, 1 Januari 2023 – 15:42 WIB

VIVA Nasional – Momen Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023  atau Nataru akan segera berakhir. Menko PMK, Muhadjir Effendy meminta Polri, TNI, BNPB, pengelola tol Tangerang-Merak, Pemprov Banten hingga PT ASDP Indonesia Ferry mempersiapkan arus mudik Idul Fitri 2023 yang akan berlangsung sekitar 4 bulan lagi.

Kondisi rest area yang nyaman, jalanan yang mulus hingga rekayasa lalu lintas harus disiapkan jauh hari dan bisa dinikmati pemudik.

“Misalnya nanti ada beberapa di sini, termasuk perbaikan rest area, sehingga mereka kalau harus mengantre di pelabuhan penyeberangan dia tidak merasa kelelahan, merasa tidak nyaman, tapi mereka juga bisa menikmati di rest area,” ujar Menko PMK, Muhadjir Effendy, di Pelabuhan Merak, Minggu, 1 Januari 2023.

Kemacetan Parah Pemudik menuju Pelabuhan Merak di Jalan tol Tangerang-Merak.

Kemacetan Parah Pemudik menuju Pelabuhan Merak di Jalan tol Tangerang-Merak.

Dia menerangkan, harus ada penambahan rest area di jalan tol Tangerang-Merak yang bisa digunakan masyarakat untuk beristirahat, sekaligus penahan laju kendaraan sebelum masuk ke areal Pelabuhan Merak. 

Kemudian pendalaman dermaga di Pelabuhan Merak yang nantinya digunakan sebagai dermaga eksekutif kedua. Sehingga angkutan masyarakat ke Pelabuhan Bakauheni bisa dipercepat.

“Juga rencana ada pendalaman salah satu dermaga untuk di keruk, untuk nanti menambah kapasitas penumpang eksekutif. Lemudian ada satu alternatif pelabuhan yang akan di fungsikan angkutan lebaran, ada penambahan rest area di jalan tol,” terangnya.

Halaman Selanjutnya

Kondisi Pelabuhan Merak sesudah puncak perayaan malam tahun baru masih sepi dari penumpang dan kendaraan. Muhadjir memprediksi, keramaian baru terjadi besok atau lusa. Sehingga harus dipersiapkan sejak saat ini, jika terjadi lonjakan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id