News  

Longsor Lagi, Batu Besar Tutup Separuh Jalan Sumbawa-Lunyuk

Batu Besar Tutup Separuh Badan Jalan Sumbawa-Lunyuk

Rabu, 1 Maret 2023 – 23:08 WIB

VIVA Nasional – Longsor kembali terjadi di Jalur Lintas Sumbawa-Lunyuk. Kali ini longsor terjadi di KM 58-59, Lamurung, Kecamatan Lenangguar, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dari pantauan langsung di lokasi, batu berukuran besar berjumlah lima buah terjatuh dari tebing setinggi 50 meter. Akibatnya batu menutupi separuh badan jalan. Sementara 4 batu besar lainnya berada di sisi kiri kanan jalan. Batu batu ini mengganggu arus lalu lintas di lokasi. 

“Akibat intensitas hujan yang tinggi di lokasi, menyebabkan batu tersebut jatuh ke badan jalan. Kejadian Rabu 01 Maret dinihari,” kata Mustafa, Kasi Pemeliharaan dan PPK BPJP NTB, Wilayah Sumbawa, Rabu (01/3).

Menurutnya, selain titik longsor dan jalan ambles parah di KM 72, saat ini terdapat tiga titik longsoran baru jalur Lenangguar menuju Kecamatan Lunyuk. 

 Batu Besar Tutup Separuh Badan Jalan Sumbawa-Lunyuk

Batu Besar Tutup Separuh Badan Jalan Sumbawa-Lunyuk

“Selain longsor, terdapat belasan lubang dan genangan air di sepanjang jalan dari kecamatan Moyo Hulu, Kecamatan Lenangguar hingga Lunyuk,” katanya.

Dikatakan, saat ini alat berat sudah dikerahkan, BPJP Wilayah Sumbawa sudah mulai menangani kerusakan jalan tersebut.

Halaman Selanjutnya

“Alat berat kita sudah berada di lokasi, kita mulai melakukan perbaikan termasuk menyingkirkan batu batu tersebut karena mengganggu lalu lintas dan membahayakan pengendara,” tegas Mustafa. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id