News  

Menteri Agama Minta Aparat Kemenag Segera Verifikasi Dugaan Aliran Sesat ‘Bab Kesucian’ di Gowa

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas

Senin, 2 Januari 2023 – 23:54 WIB

VIVA Nasional – Kasus dugaan aliran sesat ‘Bab Kesucian’ di Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, akhirnya direspons Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut mengaku sudah meminta Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan untuk segera melakukan verifikasi dan klarifikasi terkait informasi tersebut.

“Sebaiknya segera diverifikasi dan klarifikasi ini agar langkah tindak lanjut yang diambil benar-benar berdasarkan informasi yang sebenarnya. Kemudian, penganut tersebut diajak dialog,” kata Yaqut dalam keterangannya kepada media, Senin, 2 Januari 2023.

Setelah langkah verifikasi, maka pendekatan kemudian dengan dialog langsung untuk mendengar penjelasan pengikut Bab Kesucian tentang keyakinan dan pemahaman yang mereka anut. Jika nanti terbukti ada kesesatan, Yaqut berharap agar para penganut aliran tersebut segera diedukasi dan pendampingan.

Bangunan Yayasan Nur Mutiara Makrifatullah yang diduga mengajarkan aliran sesat di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Bangunan Yayasan Nur Mutiara Makrifatullah yang diduga mengajarkan aliran sesat di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Dia berharap bahwa Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan serta pihak terkait setempat agar melakukan pendekatan persuasif dengan kepada pimpinan aliran tersebut. Pendekatan dengan dialog keagamaan dengan memberikan pencerahan tentang regulasi yang berlaku agar penyebaran paham keagamaan tidak mengarah pada tindakan penistaan.

Kemudian, Yaqut juga mengimbau agar warga tetap tenang adanya kehebohan aliran itu. Warga setempat juga diminta untuk tidak main hakim sendiri. “Biarkan kami bersama aparat setempat melakukan proses pendalaman jika ditemukan indikasi tindak pidana dan tidak bisa diselesaikan melalui dialog,” katanya.

Halaman Selanjutnya

Dilarang makan ikan

img_title

Sumber: www.viva.co.id