News  

Naik Trans Jateng, Pelajar hingga Pekerja Hanya Dikenakan Tarif Rp 2 Ribu

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Rabu, 21 Desember 2022 – 15:20 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memberikan kemudahan bagi pengguna Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng dengan insentif tarif dan kehadiran layanan QRIS. Untuk insentif tarif, Ganjar memberikannya kepada pelajar/mahasiswa, pekerja, dan veteran.

“Tarif yang sangat murah, yakni Rp 4.000 untuk penumpang umum (jauh-dekat) dan Rp 2.000 untuk veteran, pelajar/mahasiswa, dan pekerja,” kata Ganjar dalam keterangannya, dikutip Rabu, 21 Desember 2022.

Tak hanya itu, Ganjar juga memberikan insentif dan kemudahan bagi pemilik atau pengusaha transportasi umum, baik pengaturan rute sampai perizinan. Dalam hal ini, Pemprov Jateng mengoperasionalkan BRT Trans Jateng.

“Yang kami operasionalkan langsung itu angkutan aglomerasi BRT Trans Jateng. Sudah ada 6 koridor nanti tahun 2023 akan dibuka satu koridor lagi. Busnya milik penyedia layanan, jadi kami beli layanan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jateng Henggar Budi Anggoro.

Enam koridor yang sudah beroperasi antara lain Koridor 1 Bawen (Ungaran)-Tawang (Semarang), Koridor 2 Bulupitu (Purwokerto)-Bukateja (Purbalingga), Koridor 3 Bahurekso (Kendal)-Mangkang (Semarang), Koridor 4 Surakarta-Sragen, Koridor 5 Kutoarjo (Purworejo)-Borobudur (Magelang), dan Koridor 6 Halte Penggaron (Semarang)-Terminal Godong (Grobogan). 

Henggar mengatakan, dari enam koridor yang berjalan itu, ada 101 armada BRT Trans Jateng yang beroperasi. Sebanyak 98 armada beroperasi secara normal dan 3 armada sebagai cadangan jika bus yang lain mengalami masalah.

Sumber: www.viva.co.id