News  

Novel Baswedan Bongkar Ada Main Antara Importir dengan Sosok Ini

Mantan Penyidik KPK Novel Baswedan di Mabes Polri

Selasa, 3 Januari 2023 – 10:56 WIB

VIVA Nasional – Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Pencegahan Korupsi Polri masih menemukan adanya permasalahan dan celah penyimpangan pada jalur importasi. Selain itu, para pemangku kepentingan terkait ekspor dan impor juga tidak bersinergi.

Wakil Kepala Satgassus Pencegahan Korupsi Polri, Novel Baswedan mengatakan pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola ekspor dan impor terdapat persoalan dan celah penyimpangan pada penyaluran importasi.

Penyidik KPK Novel Baswedan

Penyidik KPK Novel Baswedan

“Masih adanya importir yang bekerja sama dengan oknum untuk melakukan pelanggaran importasi,” kata Novel melalui keterangannya pada Senin, 2 Januari 2023.

Kemudian, kata Novel, ditemukan adanya intervensi dari pihak lain yang dapat mempengaruhi independensi dan integritas petugas pemeriksa dalam proses importasi. Lalu, terdapat praktik nominee dan ‘pinjam bendera’ dalam kegiatan importasi.

“Kurangnya sinergitas dan koordinasi para pemangku kepentingan terkait ekspor impor,” ujarnya.

Penyidik Senior KPK, Novel Baswedan | Foto MI, Rommy Fujianto

Penyidik Senior KPK, Novel Baswedan | Foto MI, Rommy Fujianto

Halaman Selanjutnya

Dalam kegiatan bersama Itjen Kementerian Keuangan di Cikarang Dry Port, Novel menyebut ditemukan pelanggaran kepabeanan yang dilakukan oleh 2 imporitr dalam 2 kontainer berupa pemasukan barang tidak sesuai dokumen.

img_title

Sumber: www.viva.co.id