News  

Panglima Ingin Humanis, Mahfud MD Akan Koordinasikan Lagi Penanganan Papua

Menkopolhukam RI Mahfud MD

Selasa, 20 Desember 2022 – 05:34 WIB

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengatakan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, perlu melakukan koordinasi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam penanganan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. 

Meskipun, Laksamana Yudo berjanji ingin menggunakan cara-cara atau pendekatan yang lebih humanis di Papua.

“Kita akan bicarakan itu dengan Panglima untuk meneruskan langkah-langkahnya dan kebijakan Pak Andika (Jenderal Andika Perkasa, mantan Panglima TNI) dan Pak Kapolri,” kata Mahfud di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 19 Desember 2022.

Presiden Jokowi lantik Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI.

Presiden Jokowi lantik Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI.

Jelas Mahfud, koordinasi tersebut dilakukan di kantor Wakil Presiden Republik Indonesia. Sebab, berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021, itu koordinasi dibawah Wakil Presiden.

Sementara Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono menjelaskan saat ini operasi lebih ditonjolkan operasi teritorial, bukan operasi militer. Sehingga, tetap tegas sesuai hukum yang ada. 

Makanya, Panglima Yudo akan melakukan evaluasi terlebih dulu soal rencana pengurangan prajurit TNI di Papua, dan selanjutnya dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

Sumber: www.viva.co.id