News  

Pejabat Hidup Mewah Sejatinya Orang Miskin Dendam dengan Masa Lalu, Kata Butet Kartaredjasa

Budayawan Butet Kartaredjasa

Selasa, 28 Februari 2023 – 21:14 WIB

VIVA Politik – Gaya hidup mewah pejabat di sejumlah instansi pemerintahan belakangan ini banyak disorot masyarakat. Sorotan masyarakat di media sosial tentang gaya hidup mewah pejabat ini kembali muncul usai mencuatnya kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satrio yang merupakan anak dari pejabat di Direktorat Jenderal Pajak.

Budayawan asal Yogyakarta Butet Kartaredjasa angkat bicara tentang gaya hidup mewah para pejabat. Dia menilai gaya hidup mewah para pejabat itu mencerminkan bahwa pejabat itu sebenarnya orang miskin.

“Mereka itu aslinya miskin. Orang miskin yang mempunyai dendam dengan masa lalunya, karena itu dia masih merasa butuh untuk memperlihatkan kekayaannya,” kata Butet di Ada Sarang, Ambarbinangun, Yogyakarta, Selasa, 28 Februari 2023.

Terduga pelaku penganiayaan, anak pejabat pajak Jaksel Mario Dandy Satriyo

Terduga pelaku penganiayaan, anak pejabat pajak Jaksel Mario Dandy Satriyo

Pejabat yang memamerkan gaya hidup mewah, katanya, merupakan orang-orang yang belum bisa berdamai dengan dirinya. Kalau belum bisa berdamai dengan dirinya, yang terekspresikan dalam membangun relasi sosial itu adalah naluri-naluri primitif.

“Naluri primitif itu termasuk memamerkan kekayaan, memamerkan pencapaian-pencapaian dirinya supaya orang menjadi segan, disangkanya begitu; supaya dia tampak lebih berwibawa, disangkanya begitu,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

“Padahal di dalam membangun relasi sosial dari perspektif kebudayaan, orang itu dinilai, dihargai bukan karena show off seperti itu tapi dihargai karena komitmen-komitmennya, justru karena kesederhanaannya,” imbuh Butet.

img_title

Sumber: www.viva.co.id