News  

RI Harus Waspada Flu Burung menyusul Satu Kasus Kematian di Kamboja, Kata DPR

Ilustrasi rapat paripurna DPR

Selasa, 28 Februari 2023 – 19:27 WIB

VIVA Nasional – Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi mengingatkan agar semua pihak mewaspadai penularan flu burung yang saat ini telah masuk Asia Tenggara. Terlebih, seorang gadis berusia 11 tahun di Kamboja meninggal akibat terinfeksi virus flu burung H5N1.

Menurut Nurhadi, upaya pencegahan penyebaran kasus flu burung terhadap manusia harus segera dilakukan dalam rangka membentengi setiap negara, ermasuk Indonesia, dari ancaman penyakit tersebut.

“Kolaborasi antar-kementerian dan lembaga, seperti Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pertanian, serta Badan Karantina Pertanian, harus diperkuat untuk mengawasi lalu lintas unggas dan orang antarwilayah,” kata Nurhadi kepada wartawan, Selasa, 28 Februari 2023.

Simulasi penanganan kasus flu burung di Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan.

Simulasi penanganan kasus flu burung di Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan.

Politikus Partai Nasdem ini berharap mekanisme pengawasan di sejumlah tempat seperti peternakan, pasar hewan, dan tempat tinggal harus ditingkatkan dengan segera melaporkan ke pihak berwenang bila ditemukan kematian tidak wajar terhadap unggas. Para tenaga kesehatan (nakes) juga harus mewaspadai sejumlah gejala flu yang ditemukan.

“Pola pengendalian penyebaran penyakit menular dengan melibatkan banyak pihak menuntut soliditas antar-kementerian terkait dan masyarakat dalam pelaksanaannya. Nilai-nilai persatuan dan gotong-royong masyarakat yang pernah diterapkan saat pandemi Covid-19, harus mampu dibangkitkan kembali dalam upaya menyegerakan langkah pencegahan yang diperlukan,” kata legislator dari daerah pemilihan Jawa Timur VII itu.

Halaman Selanjutnya

Pemerintah tengah mewaspadai Kejadian Luar Biasa (KLB) flu burung clade 2.3.4.4b walaupun memang hingga kini risiko penularan pada manusia masih sangat rendah.

img_title

Sumber: www.viva.co.id