News  

RI Infokan Ada Provinsi Baru di Papua ke PNG

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal

Sabtu, 17 Desember 2022 – 12:47 WIB

VIVA Nasional – Direktorat Jenderal Bina Adminiatrasi Kewilayahan sukses menyelenggarakan persidangan Ke-36 Joint Border Committee (JBC). Persidangan ini telah tertunda pelaksanaannya selama tiga tahun akibat situasi pandemi COVID-19. 

Persidangan ini menjadi penting bagi kedua negara karena bertujuan untuk mempererat hubungan kerjasama dalam berbagai bidang, khususnya di daerah perbatasan, dan membahas pending issues terkait dengan aktivitas lintas-batas di kawasan perbatasan RI- Papua Nugini. 

Gedung Kemendagri / Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia

Gedung Kemendagri / Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Safrizal ZA, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan yang juga bertindak selaku chairman . 

“Persidangan kali ini tidak hanya strategis untuk membahas untuk menyepakati pending issuues selama ini, namun juga spesial karena diadakan perdana setelah membaiknya situasi pandemi Covid-19 dinegeri kita” ujar Safrizal dalam keterangannya, Sabtu 17 Desember 2022.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal

Beberapa agenda penting yang dibahas dalam pertemuan ini  antara lain melakukan review atasSpecial Arrangements on Traditional and Customary Border Crossing 1993; melakukan Follow up on MoU on Land Border Transportation and MoU Customs Arrangement; serta pembahasan kartu lintas batas perbatasan kedua negara menggunakan Border Pass (for Border Residents).

Sumber: www.viva.co.id