News  

Siapa yang Gali Lubang, Dia Masuk Sendiri

Gubernur Papua Lukas Enembe saat menunjukkan obat yang dipakainya.

Minggu, 18 Desember 2022 – 10:28 WIB

VIVA Nasional – Otonomi Khusus (Otsus) Papua jilid I yang sudah selesai dinilai belum optimal manfaatnya untuk provinsi paling timur di Tanah Air tersebut. Pelaksanaan Otsus Papua jilid II diharapkan bisa maksimal untuk kesejahtaraan rakyat Papua.

Kepala Suku Mamberamo Tengah di Keerom, Pius Wanimbo menyampaikan demikian agar otsus jilid II bisa memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan bersama. Pius mendukung KPK bila serius membersihkan perilaku koruptif oknum pejabat daerah di Papua. 

Menurutnya, jika KPK secara konsisten memeriksa dan menindak oknum pejabat yang terindikasi korupsi, maka otsus jilid dua bisa berikan hasil yang optimal.

“Otsus kemarin jilid satu itu, memang tidak sampai, tidak menyentuh ke masyarakat, yang lebih khusus itu masyarakat yang ada di daerah-daerah terpencil,” kata Pius, dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu, 18 Desember 2022.

Kepala Suku Mamberamo Tengah di Keerom, Pius Wanimbo

Kepala Suku Mamberamo Tengah di Keerom, Pius Wanimbo

Pius mengkritik pelaksanaan otsus jilid satu yang gagal karena pemerintah daerah atau pemda tidak pernah turun ke lapangan. Ia menyoroti koordinasi yang dilakukan pemda.

Pun, ia menyinggung saat otsus jilid dua diwacanakan, banyak tokoh masyarakat Papua yang menolaknya. Alasannya karena pelaksanaan otsus jilid I yang dianggap gagal sehingga untuk apa dilanjutkan. 

Sumber: www.viva.co.id